Selasa, 11 Juni 2013

Kejurusan



Kejurusan SMA

Tingkat Sekolah Menengah Atas atau biasa disebut SMA. Tingkat ini seluruh siswa Indonesia dapat memilih kejurusan yang umumnya saat kelas sebelas. Kejurusan di SMA ini pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu, IPA dan IPS.

IPA adalah Ilmu Pengetahuan Alam jurusan ini sangat berguna bagi siswa siswi yang ingin misalnya menjadi dokter, perawat, dll. IPS adalah Ilmu Pengetahuan Sosial jurusan ini berguna bagi siswa siswi yang ingin menjadi Akuntan, Manager, Journalis, Pengacara dll. Kepemilihan jurusan ini alangkah lebih baik dipilih dengan sebaik – baiknya. Hal tersebut berpengaruh saat akan masuk Universitas.

Ada beberapa hal yang membingungkan diri saya sendiri tentunya sebagai pelajar di SMA. Pertama, di SMA saya sendiri itu memfokuskan kedalam pelajaran IPA dari pada IPS. Kalau dipikir – pikir apa yang menyebabkan IPA lebih di utamakan? Padahal dua di antara pelajaran tersebut pada dasarnya sama saja.

Jika ditela’ah lebih dalam lagi banyak dari sekian orang lintas jurusan. Jadi, Apa yang dulu pernah di Pelajari ketika SMA itu hal hasilnya adalah nol kalau kebanyakan memilih lintas jurusan.

Kejurusan bidang IPA katanya memiliki kelebihan lebih mudah mencari pekerjaan. Saya heran yang mempermudah itu apa? IPA dan IPS sama memiliki bidang kerja tersendiri dan tentunya kesuksesan seseorang itu gak akan dipengaruhi sama IPA atau IPS jurusan yang ditempuh.

Tapi kenapa IPA dan IPS itu tetap dibeda - bedakan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar